Powered by Blogger.

Tata Cara Shalat Dhuha Yang Benar & Pengalamanku

Tata Cara Shalat Dhuha Yang Benar - Pada dasarnya, mengerjakan shalat sunnah dhuha hampir sama dengan shalat sunnah lainnya. Yang membedakan cuma dari Niatnya saja. Menurut Rasullullah Muhammad, rakaat shalat dhuha paling sedikit adalah 2 rakaat sedangkan maksimalnya adalah 12 rakaat.

Shalat dhuha sendiri dikerjakan pada pagi hari saat matahari sedang naik.. (kalo diperkirakan, sekitar jam 7.30 kita sudah bisa melaksakannya dan berakhir sekitar jam 11.00 siang).


Shalat Dhuha

Jika anda ingin dimudahkan dalam rezeki, Berdoalah sungguh-sungguh kepada Allah, satu-satunya Sang Maha Pemberi Rezeki, Jangan sekutukan ALLAH dengan satu apapun, JANGAN tinggalkan amalan wajib, berusaha semaksimal yang kita mampu dan tambahlah dengan shalat dhuha minimal 2 rakaat dikerjakan secara rutin setiap hari. (Pengalaman penulis lho).

Adapun tata cara melaksanakannya hampir sama dengan shalat lainnya, dikerjakan dengan 2 rakaat dan 1x salam. Jika anda mengerjakannya secara maksimal 12 rakaat, maka akan ada 6x salam.

Niat yang anda ucapkan dalam hati adalah.

Usholli sunatat dhuha rakataini lillahi ta'ala.

Atau : Sengaja aku shalat sunnah dhuha 2 rakaat karena Allah.

Sedangkan dari bacaan, bacalah surat Asy Syams di rakaat pertama dan Adh Dhuha di rakaat kedua. Kerjakanlah seperti biasanya hingga salam.

Jika anda sudah merasa cukup melaksanakannya, lanjutkan dengan berzikir (subhanallah, alhamdulillah dan allah akbar) dan istighfar minimal 11 kali.

lalu lanjutkan dengan membaca doa berikut ini...

Artinya: “Wahai Tuhanku, bahwasannya waktu dhuha ini adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah, dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), limpahkanlah kepadaku apa yang Engkau limpahkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Setelah doa diatas, silahkan lanjutkan doanya dengan doa anda sendiri, meminta dan berharap apa yang anda butuhkan ke Allah.

Note: Doa diatas dibaca dalam bahasa yang kamu ngerti aja gak papa.. (Allah maha tahu kok)..

=========================================

Pengalaman penulis..

Saya selalu mengerjakan shalat dhuha diantara jam 7.30 - 11.00. Saya istiqomah dan rutin mengerjakannya setiap hari dalam keadaan apapun (sudah saya coba rutinkan semenjak saya kuliah dulu) .. namun terkadang, jika saya harus pergi ke luar kota di pagi hari, saya terpaksa lewat shalat dhuha tsb. Namun saat ini, saya bisa mengatakan bahwa saya bisa rutin shalat dhuha setiap hari.

Paling sedikit saya mengerjakan sebanyak 4 rakaat 2x salam sedangkan surat yang saya baca adalah Asy Syams, Adh-dhuha, At-Takatsur dan Al-Ikhlas. Kalo ada waktu luang, saya kerjakan hingga 12 rakaat. Setelah selesai, saya berdzikir, doa dengan doa diatas (Saya membaca doa tsb dalam bahasa indonesia sehingga saya bisa meresapi apa yang saya baca. Saya gak mau doa tapi pikiran saya ngaco.. sama aja boong... yang kita hadapin ini adalah tuhan pencipta langit dan bumi, yang menguasai rezeki).

Kemudian saya lanjutkan dengan berdoa mengadu segala masalah dan kebutuhan saya, rezeki, hutang yang harus saya lunasi, dsb..

Udah selesai... lanjut aktifitas, kerja, dsb.

Apa yang saya dapat setelah melakukan ibadah sunnah ini ??? Banyak banget.... karena saya berdoa dengan bahasa Indonesia, terasa banget kalo ALLAH itu bener-bener membantu dan meng-ijabah doa yang saya ajukan. Asli deh, ALLAH itu bener-bener banyak banget ngebantu hidup saya.. Alhamdulillah. Bukan hanya sekali, dua atau tiga kali .. tapi udah berkali-kali dan itulah yang saya rasakan.

Apakah hanya dengan shalat dhuha aja cukup ??? Saya jawab, NGGAK. Ini adalah ibada tambahan aja bagi saya. Saya juga sudah Istiqomah menjalankan shalat berjamaah 5 waktu di tempat adzan dikumandangkan sejak kuliah dulu (Terpaksa jamak kalo saya di perjalanan), sedekah, Tahajjud dan yang paling penting meyakini segala sesuatu yang ada di muka bumi bergerak atas Izin ALLAH dan tidak menduakannya dengan satu apapun meski dalam hati.

Alhamdulillah, dengan cara seperti ini, Allah selalu membantu saya termasuk ketika saya menghadapi hutang yang saya tidak sanggup membayarnya.

Ingat, dekatkan lah dirimu kepada Allah lewat Ibadah dan doa (yang bahasanya engkau mengerti) dan shalat sunnah dhuha ini adalah salah satu media untuk mendekatkan diri ke ALLAH. Yakinlah, DIA akan membantumu saat engkau sangat membutuhkan dan kau akan merasakan sendiri kuasanya. 

Try it.. dan rasakan Allah yang bergerak membantumu ... :)

No comments:

Post a Comment